Senin, 07 Mei 2012

AYO POTONG KAMEN!


Kamen, atau lebih tepatnya “seekor” kamen, adalah temen gue yang sedikit jorok. Ya, sedikit jorok..... Bentar...bentar.. kayaknya gue sedikit eneg ma kata “sedikit” yang tadi. Ya udahlah nggak apa-apa. Lanjut! Kamen itu orangnya baik banget, suka menolong, rajin menabung, tapi ada hal yang tetep gue nggak suka. Joroknya minta ampun! Pernah waktu itu gue nemuin dia lagi mungutin makanan dari sampah malam-malam, karena takut ketahuan dia akhirnya ikutan masuk sampah. Kamen itu orangnya simple. Penampilan bukanlah segalanya. Ya mungkin tu kata-kata yang dapat menggambarkan pribadi seekor kamen. Tapi harus tetap diingat, segalanya berawal dari penampilan.

            Pertama ketemu Kamen dikampus, dia nggak parah-parah amat. Rambut pendek, sedikit bergelombang, terdapat kumis dan jenggot tipis samar-samar, pake kemeja rapi, tas dan sepatu pada umumnya. Maklumlah, namanya mahasiswa baru. Penampilan sekolah masih kebawa, tapi setelah kenal cukup lama, gue ngerasa entah kenapa bayangan-bayangan sosok kamen yang itu cepet banget memudar. Baru aja kenal 1 semester, gue uda dibuat eneg. Mulai dari sketch book (mahasiswa desain) yang uda lembek (kena ujan, panas tiap hari), sepatu yang uda kelihatan jempolnya, jaket yang bolong meskipun gue nggak tau kenapa tu jaket bisa bolong?? Dan yang paling parah, terletak pada “bubu”nya. Bingung ya? Bubu itu nama rambut kesayangan kamen. Cuma 1 semester aja rambut Kamen uda panjang. Ngeri banget gue lihat. Reza temen gue aja ampe mimpi buruk gara-gara keingetan ama tu rambut. Parah banget pokoknya, rambut uda panjang, nggak pernah keramas, terakhir kali keramas gue tanya 2 bulan. Bayangin, ada berapa banyak kutu yang uda berkeluarga disana. Pernah waktu gue lagi makan bareng anak-anak dikantin, gue lihat Kamen masih asyik menggaruk-garuk rambutnya. Mungkin karena kutunya lagi nyari tambang batu bara kali ya, si Kamen tetep menggaruk-garuk itu kepala cukup lama. Gue kasian banget ma nasib si Reza yang lagi makan berada tepat disamping kanannya. Gue lihat, nafsu makan si Reza uda mulai hilang gara-gara banyak rambut (Kamen) di makanannya. Belum lagi kutu-kutunya yang sibuk terjun payung mencari tempat untuk mendarat. Gue yang pada saat itu duduk di kiri Kamen buru-buru menyalakan sistem pertahanan gue. Dinding kokoh, besar yang terbuat dari baja, segera muncul. Para pasukan pengamanan segera datang dan menyemprotkan anti-kutu dalam 3 tahap, sementara para ilmuan gue segera mengambil beberapa sample kutu yang ditangkap untuk diteliti.

            Gue sempet bilang ama temen gue yang lain, tapi nggak berhasil, belum sempet gue bilang kalo Kamen itu memiliki rambut yang uda nggak layak, temen-temen gue keburu lari dan segera pesan tiket pesawat meninggalkan Surabaya. Akhirnya hanya temen-temen terdekat gue yang (terpaksa) ikut memberikan beberapa solusi untuk kebaikan Kamen. Mereka adalah Reza, Cubek, Radyan.
           
Gue     : “eh Kamen enaknya diapain nih?”
            Cubek            : “emang kenapa ma kamen bro?”
            Gue     : “Gila lu ya, masak lu masih santai-santai aja?”
            Cubek            : “? Maksudnya?”
            Gue     : “noooh.. Rambut Kamen kepanjangan, kutunya kemana-mana”
Cubek            : “udalah bro, biarin aja, dia punya hak asasi manusia”
Gue     : “masalahnya dia uda bukan manusia!!”
Cubek            : “dia hewan tapi.. bentar-bentar! Dia manusia!!”
Gue     : “........... lu liat sendiri aja deh, gue males berantem”
Cubek            : (melihat) “WHAT THE F***!!!”
Gue     : “kaget? Baru tau?”
Cubek            : “Ada gunting rumput kagak?”

            Berdasarkan percakapan tadi, Cubek menjadi orang yang paling pertama mendirikan gerakan anti rambut Kamen dibeberapa jejaring sosial. Dan akhirnya kami mengadakan rapat besar untuk membahas rencana awal dari pemberantasan “bubu”. Untungnya rapat besar ini tidak sampai melibatkan presiden Obama.

RENCANA 1
           
1.      Rayu Kamen
2.      Ajak damai
3.      memberi nasehat bahwa kutu itu merugikan
4.      memanggil dokter yang bersangkutan untuk memberi tahu bahayanya memiliki banyak kutu
5.      bawa ke salon...... Hei!! Jangan membayangkan salon anjing!!

RENCANA 2

1.      Rayu Kamen
2.      Bilang bahwa dia mau diajak jalan-jalan ke TP
3.      Bohongin dia bahwa tujuan kita adalah toy-shop
4.      mengatakan bahwa dia akan kita beliin mainan
5.      bawa ke salon dengan mengatakan ada surprise dari toko mainan buat Kamen sambil ditutup matanya

RENCANA 3

1.      Bawa Kamen dengan paksa saat berakhirnya kuliah
2.      ikat dengan tali tampar atau sejenisnya
3.      masukan mobil, ikat mulutnya, keluarkan kepalanya di jendela mobil, bakar *****nya dengan lilin
4.      bila berontak, hajar lagi sampai tidak bergerak lagi namun pastikan bahwa dia masih bernafas, masukkan dalam karung goni.
5.      bawa ke salon, bila tetap tidak mau, lemparkan ke selat Madura Suramadu
Akhirnya kami memutuskan untuk menjalankan rencana 1 dan 2 dengan sedikit modifikasi tentunya. Kami menghapus rencana ke 3 dengan alasan “nggak tega”. Radyan, gue ama Cubek bertugas merayu Kamen, sementara si Reza tugasnya Cuma supir doang. Dengan usaha beribu cara akhirnya Kamen pun mau diajak untuk potong rambut dengan syarat gue dan Radyan juga harus ikut potong rambut, karena Kamen menilai rambut gue dan Radyan uda nggak layak pakai (sebenernya yang nggak layak itu siapa sih??). Tidak lama kemudian setelah memasuki mobil suzuki FORZA tahun 1996 milik Reza yang sedikit malang nasibnya karena cendela elektrik dan AC-nya mati, dengan berbagai penderitaan cara kami bernafas di mobil itu akhirnya sampai juga di Delta Plaza mall. Sempet juga ada security mall kontra dengan kami dengan alasan si Kamen nggak boleh masuk. Setelah kami jelaskan bahwa dia adalah manusia (lho?) akhirnya si securitynya minta maaf lalu kabur. Kami masuk di tempat potong rambut terkenal Jh***y And**an. Kemudian gue, Radyan, ama Kamen melakukan registrasi. Entah kenapa cuma Kamen aja yang dapet nomor antrian yang dipasang dileher.

Setelah menunggu beberapa lama, tiba giliran kami bertiga untuk di hair styling (karena nggak enak jika gue sebut pake kata “potong”). Ternyata karena sesuai budget kami pada saat registrasi, yang memangkas rambut kami itu masih amatiran. Mereka masih dalam tahap belajar. Radyan dan Kamen dipangkas ama cewek, sementara gue kebagian ama lekong boook. Beberapa menit uda berlalu, yang memangkas rambut gue ama Radyan belum menemui kendala apapun, namun beda lagi ama Kamen. Si mbaknya bingung dengan bentuk rambut kamen yang rada semrawut. Karena nggak berani motong (buat kamen pake kata “potong” nggak apa-apa), si mbaknya nyerah. Cubek ama Reza bilang gini:

Cubek            : “mbak, sulit ya? Pake gergaji aja! hahahaha”
Reza   : “kurang, gimana kalo saya ambilin gerenda? hahaha”
 (buat yang nggak tahu, gerenda itu alat untuk memotong besi)
Cubek            : “udah mbak, gundul aja! hahaha”
Reza   : “jangan! Sisakan 1 helai rambut diatas aja mbak! hahaha”

Tidak lama kemudian, datang master hair stylingnya untuk membantu mbak tadi. Dia perempuan kisaran umur 30-40 tahun, rambut bergelombang bwerwarna pirang, orang jawa, memakai baju berwarna hitam. Dengan lihai dia memotong Kamen dengan rapi dan styling. Namun karena Kamen nggak suka terlalu pendek, jadi kesan rapi tadi gue hapus. Sebagian keringat di wajah hair styling tersebut tetap aja bermunculan walau gue tahu AC disana sangat dingin sampai akhirnya selesailah model rambut Kamen yang baru.

Tips penting bagi kalian semua, merawat anggota tubuh itu sama pentingnya kayak menjaga harga diri. Kalo kalian nggak peduli ma bentuk kalian, sama aja kayak membiarkan orang lain mencibir dan merendah-rendahkan harga diri kalian. Seperti Kamen.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar