Minggu, 19 April 2015

MOVIE : DAWN OF JUSTICE VS CIVIL WAR

 
Membahas duel sengit antara DC vs MARVEL sepertinya tidak akan ada habisnya. Ya, dua raksasa komik superhero ini memang getol sekali membuat kita dilema memilih mana yang terbaik antara DC atau MARVEL. Okay, lupakan saja itu, kali ini saya ingin sekali membahas hal-hal yang menggelitik seputar movie yang akan tayang tahun 2015-2016 an ini.

Jika MARVEL lebih dulu memimpin dengan AVENGERS sebagai pelopor gabungan superhero mereka, maka kali ini giliran DC yang lebih dulu tampil didepan untuk hal "duel antar superhero". Menarik, jika kita lihat rentetan film MARVEL, semua karakter superhero akan dibuatkan film sendiri dan kemudian berkumpul di squadnya. Berlawanan dengan DC yang memutar plot MARVEL menjadi ke arah sebaliknya. DC lebih mengajak pemirsa awam untuk mengenal dua karakter superhero terkenalnya yaitu Batman dan Superman. Kita pasti sudah sangat mengerti bagaimana si Bruce menjadi Batman dan Clark menjadi Superman karena film ini sudah banyak melakukan reboot berkali-kali. Karena karakter yang menjual milik DC sampai saat ini hanya Batman dan Superman (bisa kita lihat seperti apa Green Latern dan the Flash gagal dipasaran) maka Warner Bros selaku produsen film DC memutuskan untuk membuat pertarungan Batman vs Superman yang sudah sangat melegenda dengan judul DAWN OF JUSTICE.
Saya bisa melihat langkah DC yang ingin membuat JUSTICE LEAGUE (DC superhero squad) menjadi lebih menarik dari AVENGERS. Dengan membuat perseteruan Batman dan Superman akan menarik animo masyarakat untuk lebih tertarik dengan DC, dan berlahan DC akan memasukkan karakter-karakter superhero lain secara berurutan (green latern, wonder woman, aquaman, Flash dll). Berbeda dengan formula MARVEL yang harus mengeluarkan dana ekstra karena harus "memaksa" karakter yang kurang dikenal masyarakat awam seperti THOR, IRONMAN, CAPTAIN AMERICA memiliki film sendiri karena memang pada saat itu posisi MARVEL tidak menguntungkan karena karakter favorit MARVEL justru dimiliki studio lain (Spiderman: Colombia picture/sony, X-Men universe: Fox, dll).  Beruntungnya MARVEL mampu memainkan skemanya dengan baik selain disokong aktor berpengaruh seperti Downey Robert Jr.
Jika Marvel memakai formula funny is important maka DC memakai formula Nolan dengan membuat karakter terasa lebih dark. Baiklah banyak persamaan yang harus saya utarakan disini antara Civil War vs Dawn of Justice. berikut persamaannya:

  1. Karakter superhero yang ada di kedua film ini merupakan karakter paling favorit MARVEL: Iron man vs C. America + Spiderman (jika bukan cameo), DC: Batman vs Superman + Wonderwoman
  2.  MARVEL dan DC sama-sama memiliki kelebihan. MARVEL: sudah mengenalkan AVENGERS lebih dulu sehingga MARVEL memiliki stok yang cukup mumpuni untuk superhero lain beraksi di film ini (misal: Falcon, Black widow, Hawkeye, Col.Rodhes, Winter soldier dll) sementara DC diuntungkan karena dapat memasukkan semua karakter DC tanpa terbentur lisensi studio lain hanya saja dengan cara pendekatan intim. (biar lebih ngena tuh karakter)
  3. perlawanan manusia biasa yang kaya raya (Tony Stark dan Bruce Wayne) melawan makhluk kekuatan super lain (Superman dan kapten Rogers yang berubah menjadi manusia super karena reaksi gamma)
  4. sama-sama melibatkan penduduk bumi sebagai tanda ancaman serius. DC: Bruce tidak suka jika Clark menjadi pahlawan karena bukan dari bumi dan bisa saja mempunyai niat tidak baik ingin berkuasa dan MARVEL: Stark ingin semua superhero membuka identitasnya ke publik agar tidak terjadi ancaman dan melakukan tindakan superhero dengan transparan meskipun ada maksud lain dari Stark.
  5. kostum, Captain America dan Superman sama-sama menggunakan pakaian kebesarannya dengan warna hampir senada, merah dan biru. sementara Batman dan Ironman? tentu berbeda warna namun memiliki aneka jenis weapon dikostumnya. Dan jika Bruce memakai Mecha Batman Suit maka akan terlihat mirip Iron Man


sumber gambar:
google source image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar