Kamis, 31 Januari 2013

HANSEL AND GRETEL : WITCH HUNTERS


Hansel and Gretel merupakan kisah dongeng anak-anak yang sejajar dengan dongeng-dongeng lainnya seperti gadis berkerudung merah, little mermaid, cinderella, manusia kue jahe, dan masih banyak lagi yang dibuat oleh GB. Di versi aslinya dongeng ini bercerita tentang kakak-adik yang ditinggal ayahnya ditengah hutan digelapnya malam. sembari berjalan jauh, hansel dan gretel yang sangat kelaparan akhirnya menemukan rumah berwarna-warni yang semuanya terbuat dari permen. usut punya usut ternyata itu merupakan cara licik bagi witch (penyihir/nenek sihir) yang sengaja mengubah rumahnya agar disukai anak kecil. anak kecil menyukai apapun yang manis kan? dicerita ini, witch memang sangat menyukai anak kecil karena dia polos dan lugu. diceritakan bahwa makanan witch adalah anak-anak kecil dikarenakan alasan tertentu. dalam naskah aslinya nenek sihir bermaksud untuk menjadikannya (Hansel dan getel) makanan. namun karena kecerobohan nenek sihir akhirnya dia masuk ke perapian sementara hansel dan gretel pun lolos dari rumah permen dan mereka hidup bahagia selamanya.

Tommy Wirkola, sutradara yang menggarap film ini bermaksud lain. dia sengaja mengarahkan penonton untuk menelisik lebih jauh lagi tentang segala hal yang berkaitan dengan hansel dan gretel. dengan fantasinya cerita dongeng ini digarap berkelanjutan menceritakan tentang apa saja yang terjadi setelah narasi menutupnya dengan kata "dan mereka-pun bahagia selamanya". jika anda adalah salah satu penggemar dongeng hansel and gretel, jangan terkejut saat melihat film ini. Cerita awal dibuat hampir sama persis dengan dongengnya (berbeda hanya pada kematian nenek sihir). namun setelah itu mulailah fantasi sutradara Tommy Wirkola masuk. diceritakan bahwa hansel (Jeremy renner) dan gretel (Gemma Arteton) sudah menjadi dewasa. karena pada awal film mereka tau cara untuk membunuh penyihir dengan membakarnya hidup-hidup, maka sekarang mereka berdua telah tumbuh menjadi pemburu penyihir bayaran. dalam berburu mereka membekali dirinya dengan peralatan super canggih (mengingat cerita ini berlatar belakang jaman dahulu). mereka datang ke sebuah Desa kecil bernama Augsburg dimana terdapat berita bahwa banyak anak kecil di desanya menghilang secara misterius dan kuat dugaan ini berkaitan dengan penyihir jahat. ternyata dibalik misteri hilangnya anak-anak ini adalah ulah Murial (Famke Janssen) yang berencana mengadakan upacara ritual "Bulan Berdarah" agar dapat hidup abadi selamanya.



di Film ini buang jauh-jauh pemikiran yang rasional karena Tommy sama sekali tidak menyisipkan jawaban itu saat menggarap film ini seperti kenapa bisa ada senjata yang hanya ditemui di abad 21 sementara setting cerita ini berada di jaman dahulu, bahkan secara resmi Tommy mengenalkan penyakit diabetes disini karena diceritakan Hansel menderita lumpuh dan kematian karena terlalu banyak makan yang manis-manis dan harus segera disuntik cairan insulin jika ingin nyawanya selamat. candaan yang bermanfaat sekedar mengingatkan kita untuk mengontrol kadar gula ditubuh. di film ini juga akan menjawab pertanyaan yang selalu terfikir di benak kita kenapa ayah mereka tega menelantarkan mereka berdua di tengah hutan walau banyak cerita hansel and gretel lain yang mengatakan bahwa kedua orang tuanya selalu menyiksa mereka.

overall film ini sedikit "jatuh" pada jalan ceritanya yang mudah sekali ditebak. ditambah lagi ceritanya tergolong sangat ringan tidak ada jalan cerita yang membuat kita menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. namun buruknya dari segi cerita ditolong dengan akting Jeremmy dan Gemma yang memuaskan. action pada film ini benar-benar kuat sehingga anda setidaknya akan menganga saat disuguhkan beberapa adegan ini. film ini juga film ber-ratting Dewasa karena menghadirkan nuansa sadis disetial adegan action. ditambah karena film ini di produksi "paramount" sehingga seburuk-buruknya film maka film itu jauh lebih baik dari film buruk produksi lain karena paramount sangat teliti dalam memilah-milah filmnya. Jika anda ingin menonton film yang bagus pada bulan Januari-Februari maka film Hansel and Gretel : Witch haunter bisa jadi rekomendasi anda.

TRAILLER HANSEL AND GRETEL : WITCH HUNTERS



overall dari saya: 7,5
-Action: 9
-Cerita: 6
-karakter: 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar